Kamis, 15 Juni 2017

Sejarah Pers Dan perkembanganya singkat

Selasa, 27 Februari 2017
SEJARAH PERS DAN PERKEMBANGANNYA

  Jurnalistik pertama kali muncul pada pmerintahan Yunani Kuno, pada pemerintahan Julius Caesar (100-44 SM). Pasa waktu itu ada acta diurna yank berisi Informasi maupun berita penting, yang di pasang di pusat kota yang disebut forum romanum. Sedangkan di Ciina surat kabar pertama kali pada tahun 911 bernama pau kin. Di Jerman, surat kabar pertama bernama Avisa Relation order Zaitung. Pada tahun 1618 di Belanda, surat kabar tertua bernama Coyrante Uylitalien en Duytschland. Di inggris surat kabar pertama pada tahun 1662 bernama Oxford Gazette. Sedangkan di prancis bernama the Gazette the France pada tahun 1632.
  Pada tahun 1800 an industri percetakan mulai berkembang dengan mesin cetak tenaga uap. Berkembangnya bisnis berita, membuat munculnya yellow journalism yang pasalnya merupakan pertempuran dua koran besar di Kota New York. Yellow journalism berciri bombastis dan sensasional dalam penyajian berita, karena memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai jual. Namun yellow journalism ini tidak dapat bertahan lama seiring dengan sadarnya journalism sebagi profesi.
 Penemuan mesin cetak oleh Gutenberg menjadikan terobosan terbesar dalam dunia pers pada tahun 1440. Ide ini muncul ketika ia bekerja menjadi tukang emas di Mainz. Dia mendapatkan ide untuk membuat surat pengampunan dengan membentuk kop huruf untuk mencetak surat pengampunan dengan lebih banyak agar dia mendapat banyak uang untuk membayar hutang-hutangnya ketika ia bekerja sebagai tukang logam dahulu. Waktu itu, buku dan surat di tulis dnegan huruf latin dengan tangan dan mengandung banyak kesalahan ketika penyalinan, dan juga lambat. Oleh karena itu Gutenberg membuat acuan huruf logam dnegan menggunakan timah hitam untuk membentuk tulisan aksara latin.
 Kesuksesan gutenberg dalam membuat mesin cetak membuat ia mencetak alkitab yang harganya sangat mahal pada zamannya. Selain itu ia juga membuat tinta cetak yang berbeda dari tinta yang dibuat untuk menulis. Ia juga membuat cetakan huruf dengan mencampurkan logam dan timah hitam, angin on dan timah yang baru digunakan pada abad ke 20.
 Pada 2.200 SM , orang mesir kuno menemukan jenis buluh yang disebut papyrus (lontar), yang dapat digunakan untuk menulis. Diluar Mesir, dinegara-negara Eropa menggunakan kulit binatang seperi sapi, rusa, kambing sebagai media tulisan yang di sebut perkamen yang dijual dnegan ya rata yang mahal. Pembuatan kertas mulai berkembang pada abad ke 2 di Cina, dnegan menaruh potongan-potongan kecil  bagian dalam pohon mulbery kedalam tempatt yang kuat, atau batu yang berlubang dan dicampur dengan air. Dengan menggunakan alat tumbuk potongan-potongan tadi ditumbuk dengan halus lalu dituang di cetakan yang dangkal dengan saringan kain tipis, lalu di jemput hingga membentuk lembaran-lembaran kertas. Pembuatan kertas dengan modern baru terjadi pertama kali inggris, dan dibutuhkan waktu 300 tahun untuk tersebar di seluruh eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar