Kamis, 15 Juni 2017

Pengetahuan Seputar Wartawan

Senin,20 Februari 2017
  Salah satu kegiatan wartawan adalah mencari berita dengan melakukan wawancara. Wawancara yang dilakukan untuk pertama kali sebaiknya dilakukan di lingkungan sekitar, dengan tema yang familiar yang menarik. Dengan membentuk kelompok yang berisi 5-6 orang dalam setiap kelompok, akan mempermudah dalam melakukan wawancara dan penyusunan berita. Dlam 1 kelompok 1 orang sebagai pemancing jawab, 3 atu 4 orang sebagai wartawan dan 1 orang sebagai penyusun berita.
  Sebelum melakukan wawancara, terlebih dahulu harus membuat daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada narasumber, pertanyaan  yang diajukanpun harus memenuhi 5W 1H.  Dalam pemilihan narasumber haruslah narasumber yang relevan, narasumber yang tepat untuk tema yang kita pilih. Misal, Hujan angin di jl. Ahmad Yani, Wonocolo, Surabaya. Maka narasumber yang dipilih berdasarkan pertanyaan yang di buat. Apa yang terjadi ?  Kapan kejadian itu berlangsung? Dimana kejadian itu terjadi? Bagaimana kronologi kejadiannya? Siapa saja pihak yang dirugikan? Mengapa kejadian out bisa terjadi?. Dengan daftar pertanyaan tersebut kita dapat mencari narasumber yang pas. Kepada BMKG, masyarakat jl. A.Yani yang menjadi korban, pemkot surabaya bagian tata ruang dan lingkungan mungkin. Dan lain sebagainya.
  Setelah melakuan wawancara, menyusun atau mengolah informasi menjadi berita, dengan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kode etik jurnalistik. Dalam penulisanpun harus di perhatikan, baik tanda baca maupun penggalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar