Sabtu, 16 Desember 2017

IPA MI SD kelas 4 Susunan dan Fungsi Tubuh Manusia

Bab 1  SUSUNAN DAN FUNGSI ALAT TUBUH MANUSIA
   A. Kerangka Tubuh Manusia dan Fungsinya
1. Bagian-Bagian Rangka Manusia Rangka yang menyusun tubuh kita dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu: 1. Rangka kepala (tengkorak)
2. Rangka badan
3. Rangka anggota gerak bagian-bagian rangka tubuh manusia

 2. Bentuk-bentuk Tulang Rangka Manusia Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibagi menjadi tiga kelompok
 a. Tulang pipih Karena bentuknya pipih atau gepeng maka disebut tulang pipih. Contohnya tulang belikat, tulang dada, tulang rusuk, tulang panggul, dan tulang-tulang tengkorak. contoh tulang pipih
 b. Tulang pendek Tulang pendek bentuknya bulat pendek.Contohnya tulang pergelangan tangan, tulang pergelangan kaki, ruasruas tulang belakang, dan tulang tempurung lutut. contoh tulang pendek
 c. Tulang pipa Disebut tulang pipa karena bentuknya seperti pipa, bulat panjang dan di bagian pusatnya terdapat rongga besar. Contoh: tulang lengan, tulang paha, dan tulang ruas jari. contoh tulang pipa
 3. Hubungan Antartulang Hubungan antartulang terbentuk apabila beberapa tulang bertemu padaujung-ujungnya. Hubungan antartulang ini disebut juga persendian. Permukaan ujung tulang yang bertemu (bonggol dan lekuk sendi) dilapisi oleh tulang yang lunak (tulang rawan). Persendian juga dilapisi selaput sendi yang menghasilkan minyak sendi. Minyak sendi mengisi ruangan kecil di antara bonggol sendi dan lekuk sendi, berguna sebagai pelumas dan mengurangi gesekan. Selanjutnya persendian dibungkus dengan simpai sendi dibantu oleh serabut yang menyatukan tulang satu dengan lainnya. persendian memungkinkan untuk menggerakan badan
 4. Fungsi Rangka Setelah kamu memahami bagian-bagian dan bentuk-bentuk tulang rangka manusia maka tentu kamu dapat merasakan betapa pentingnya rangka. Fungsi rangka tubuh manusia antara lain: 1. Penegak dan pemberi bentuk tubuh.
2. Melindungi alat-alat tubuh yang penting seperti otak, paru-paru, dan jantung.
3. Tempat melekatnya otot-otot dan jaringan.
4. Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah.
5. Sebagai alat gerak pasif.

 5. Merawat Rangka Rangka tubuh yang penting ini tentu harus kita pelihara kesehatannya bukan? Bagaimana caranya? – Biasakanlah duduk tegak di atas kursi dengan punggung menyandar agar tulang-tulang punggung kita tidak bengkok.
 – Bila harus membawa beban di salah satu bahu misalnya tas, bawalah secara bergantian antara kiri dan kanan.
– Lakukanlah olahraga secara teratur untuk menguatkan tulang.
– Biasakan memakan makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin D dan minum susu. Rangka dapat terkena beberapa jenis penyakit/kelainan. Sikap tubuh yang salah dapat menyebabkan perubahan bentuk rangka, misalnya kebiasaan sikap membungkuk dapat menyebabkan kifosis (tulang punggung membengkok ke belakang). Kebiasaan sikap terlalu tegak pada saat duduk dapat menyebabkan tulang punggung membengkok ke depan (lordosis). Kebiasaan bersikap dalam posisi miring dapat menyebabkan skoliosis (tulang punggung bengkok ke kiri atau ke kanan). Penyakit lain pada rangka adalah tulang yang mudah retak atau patah yang disebut dengan osteoporosis. Penyakit ini biasanya menyerang pada orang yang sudah lanjut usia, karena berkurangnya penyerapan kalsium.

 B. Panca Indra Manusia, Fungsi, dan Pemeliharaannya

 1. Indra Penglihat Kamu tentu melihat ada orang yang matanya sipit atau bundar? Sebenarnya semua mata berbentuk bola sehingga disebut bola mata. Bola mata terdapat di dalam rongga mata dan dilindungi oleh tulangtulang tengkorak (coba kamu lihat kembali tentang kerangka bagian kepala). Bola mata sendiri dilindungi oleh selaput tipis, kelopak mata, rambut mata, dan kelenjar air mata. Kelopak mata berguna untuk berkedip, sehingga bola mata akan terhindar dari kotoran atau benda-benda kecil lainnya. Bulu mata untuk melindungi mata dari debu ketika membuka mata. Alis untuk menghalangi jatuhnya keringat dari kepala ke mata, sedangkan kelenjar air mata untuk menghasilkan air mata. Air mata tersebut berguna untuk membersihkan kotoran yang terdapat di permukaan bola mata dan menjaga mata dari kekeringan.
 Bagian-bagian bola mata itu adalah :
 1. Selaput tanduk (kornea) yaitu selaput bening di bagian depan bola mata yang berguna untuk melewatkan cahaya yang masuk dari luar.
 2. Selaput pelangi (iris) adalah bagian mata yang mengandung zat warna (hitam, cokelat, hijau, atau biru).
3. Anak mata (pupil) yaitu lubang pada bagian tengah iris yang berguna dalam mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk.
 4. Lensa mata, dapat menjadi cembung atau pipih berguna dalam mengatur pembentukan bayangan.
 5. Selaput keras (sklera) yaitu bagian terluar dari bola mata yang berguna untuk melindungi bagian dalam bola mata.
 6. Selaput koroid yaitu bagian tengah bola mata yang berupa selaput tipis, di dalamnya terdapat banyak saluran darah. Berwarna cokelat karena banyak mengandung zat warna (pigmen).
 7. Selaput jala (retina) yaitu bagian terdalam dari bola mata, berguna untuk menangkap bayangan.
 8. Bintik kuning yaitu daerah yang sangat mudah menerima cahaya yang masuk.

 2. Indra Pendengar Kita dapat mendengar suatu bunyi dari sekitar kita karena adanya bunyi/suara yang masuk melalui telinga kita. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Cobalah tutup telingamu dengan kedua tangan. Apakah kamu dapat mendengar? Tentu kamu tidak dapat mendengar. Apa saja bagianbagian telinga itu sehingga kita bisa mendengar? Perhatikanlah gambar telinga dan bagian-bagiannya berikut ini.
 1. Telinga luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, saluran telinga, selaput gendang telinga, dan kelenjar minyak. Telinga luar berguna untuk menangkap bunyi/suara dari luar.
2. Telinga tengah berupa rongga yang di dalamnya ada saluran Eustachius dan tulang-tulang pendengar yaitu tulang martil, tulang landasan dan tulang sanggurdi. Saluran Eustachius menghubungkan rongga telinga tengah dengan mulut, sedangkan tulang-tulang pendengar berguna untuk meneruskan getaran bunyi dari telinga luar ke telinga dalam.
 3. Telinga dalam terdiri dari tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah lingkaran, saluran rumah siput, dan alat keseimbangan. Telinga dalam berguna untuk menerima getaran bunyi/suara yang diterima dari telinga tengah. Setelah kamu mengetahui bagian-bagian telinga dan fungsinya, sekarang kamu dapat membayangkan bagaimana jika telinga rusak. Tentu kita akan sulit mendengar bahkan tidak dapat mendengar sama sekali atau sering disebut tuli.

 3. Indra Pencium Selain sebagai indra pencium hidung juga sebagai alat untuk bernapas. Udara yang dihirup masuk ke hidung dibersihkan dari kotorankotoran oleh rambut-rambut hidung dan lendir yang menutupi selaput lubang hidung. Begitu pula kelembapan udara yang dihirup disesuaikan dengan suhu tubuh kita. Marilah sekarang kita pelajari bagian-bagian hidung sebagai indra pencium. Perhatikan gambar berikut. Hidung seperti sebuah batang berongga di antara mata dan mulut. Bagian dalam rongga hidung terdapat sekat yang memisahkan rongga hidung sebelah kanan dan kiri. Bagian atas rongga hidung berupa lempeng tipis, sedangkan bagian dasar langit-langit, bagian sisi adalah karang hidung. Pada bagian atas rongga hidung ada lendir pembau yang berguna menerima bau-bauan.

 4. Indra Pengecap Bila kita membuka rongga mulut akan tampak lidah. Lidah sebagai indra pengecap berguna untuk mengatur letak makanan ketika dikunyah, membantu mendorong makanan ke kerongkongan (pada waktu menelan), dan sebagai alat bantu dalam berbicara. Bila kita amati permukaan lidah dengan kaca pembesar (lup), maka akan tampak permukaan lidah itu kasar dan banyak tonjolan-tonjolan yang di dalamnya terdapat puting pengecap. Coba kamu amati puting pengecap pada gambar penampang lidah berikut ini. Tiap puting pengecap akan bereaksi terhadap satu jenis rasa. Sejumlah puting pengecap juga terdapat pada tenggorokan dan langitlangit lunak rongga mulut. Bagian permukaan lidah yang dapat mengecap rasa manis, pahit, asam, dan asin dapat kamu lihat pada gambar.

 5. Indra Peraba Kita dapat merasakan sesuatu benda dengan cara meraba. Sebenarnya tidak semua permukaan kulit kita dapat dengan mudah merasakan suatu keadaan. Ada bagian-bagian kulit yang paling mudah meraba dan merasakan yaitu ujung-ujung jari dan bibir. Coba kamu amati gambar kulit dan bagian-bagiannya berikut ini.

 Berdasarkan gambar diatas kita dapat mengetahui kalau indra peraba itu dapat dibedakan menjadi dua bagian :
 1. Lapisan luar (epidermis) tersusun dari beberapa lapisan. Di antara lapisan itu, ada yang berisi zat warna (pigmen) disebut lapisan malpighi dan ada pula lapisan kulit yang bertugas membentuk selsel baru ke arah luar.
 2. Lapisan dalam (dermis) terdiri dari kelenjar keringat, saluran keringat, kelenjar minyak, pembuluh darah dan penerima rasa nyeri, panas, dingin, sentuhan, dan tekanan. Kita telah mengetahui bagian-bagian kulit dan fungsinya. Marilah kita belajar cara merawat dan memelihara kulit sebagai alat indra peraba. Menjaga kebersihan kulit, misalnya dengan mandi secara teratur, sehingga dapat terhindar dari penyakit kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit, makanlah sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin E.Pakailah payung untuk melindungi dari panas terik atau hujan besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar